02 September 2007

Hidup Bukan Kursus Mengetik

BANYAK orang rupanya punya anggapan bahwa hidup hanya berisi hal-hal teknis. Semua hal bisa dipelajari dan ditularkan—seperti ketrampilan mengetik. Lalu banyak orang juga percaya bahwa tujuan hidup adalah “sukses”. Dan ukuran “sukses” dilihat dari seberapa tebal dompet anda, atau seberapa kemilau jabatan anda, atau seberapa hebatnya kekuasaan anda, atau bisa juga dari seberapa ngetopnya anda.

Maka banyak orang lalu merasa “belum sukses” kalau belum kaya, atau belum punya jabatan, atau belum terkenal. Malah banyak orang lantas merasa hidupnya “kurang beres”, merasa ada yang “keliru” dengan cara hidupnya. Orang-orang inilah yang kemudian menjadi pelahap buku-buku Dale Carnegie, dan banyak lagi nama yang dengan tidak bosan-bosannya mencoba meyakinkan kita bahwa hidup memang seperti sebuah kursus mengetik. Bahwa semua hal bisa dipelajari, dan semua orang bisa “sukses”.

Saya termasuk orang yang tidak gampang percaya dengan segala nasehat Carnegian yang begitu banyak mengepung kita. Setahun yang lalu nama Robert T Kiyosaki mendadak jadi magnet yang membetot-betot dari segala jurusan. Buku-bukunya diburu dan dipelototi karena diyakini memuat resep ajaib yang bisa mengantar kita “sukses”. Saya termasuk yang waktu itu ikut mengudak-udak bukunya.

Ketika membaca buku-bukunya terus terang—seperti jutaan pembaca lainnya—saya merasa tersihir oleh petuah-petuahnya. Harus saya akui bahwa ia memberikan semacam “pencerahan”, menyodorkan hal-hal yang selama ini luput dari amatan kita. Saya pun dengan bersemangat menenteng-nenteng buku itu—dengan semacam perasaan “bangga” yang aneh. Tapi sesudah semua ritual itu saya lakukan ternyata nasib saya tak jadi berubah. Apa yang salah?

Saya rasa sebab paling utama adalah karena hidup memang bukan semacam “kursus mengetik”. Tidak bisa dipungkiri bahwa memang ada cukup banyak orang yang berhasil mengubah hidupnya antara lain karena petuah-petuah Carnegian itu. Tapi sebagian besar lainnya tidak punya kemampuan, atau keberanian, atau kesempatan mempraktekkan jurus-jurus how to be success itu.

Sebagian besar orang—mungkin termasuk saya—adalah dari jenis pengagum merek atau label. Mereka ini sebetulnya tahu “obat” yang mereka butuhkan untuk sembuh. Tapi mereka, mungkin, tak punya keberanian menelan “obat” itu, karena memang rasanya luar biasa pahit. Jadi mereka ini hanya mengelus-ngelus merek “obat” itu, seraya mungkin, memamerkannya kepada siapa saja, tanpa pernah samasekali meminumnya.

Mario Teguh sering ditanya “bagaimana caranya supaya tidak takut?”. Dan ia menjawab dengan kalemnya, “ya jangan takut”. Sesederhana itukah? Tidak, menurut saya. Sebab ada jarak yang luar biasa lebar antara mengatakan “jangan takut” dan mempraktekkan “jangan takut” itu. Karena hidup memang, sekali lagi, bukan semacam kursus mengetik. Jadi mesti bagaimana?

Yang mesti kita lakukan adalah menemukan habitat yang memang cocok untuk kita. Masukilah habitat itu, hiduplah kau di situ, berbahagilah kau di sana. Jangan pernah memaksakan rumus “sukses” orang lain untuk hidup anda. Anda itu lain, unik, jadi temukan rumus “sukses” anda sendiri. Ini adalah nasehat yang pernah diberikan almarhum MAW Brouwer. Apakah petuahnya ini terasa aneh dan ketinggalan zaman? Anda yang berhak menjawabnya.

2 comments:

ISAHI ENTERPRISE said...

INGIN MENAMBAH PENDAPATAN SETIAP HARI HASIL DARI TITIK PELUH ANDA SENDIRI!!!TIDAK MUSTAHIL JIKA ANDA BETUL-BETUL INGINKAN!!!

ISAHI ENTERPRISE

Assalammualaikum & Salam Sejahtera

Tuan/Puan,

PER: BENGKEL MEMBAIKI TELEFON BIMBIT

"BENGKEL MEMBAIKI TELEFON BIMBIT"

Tarikh : Sabtu&Ahad, 01hb - 02hb DEC 2007

Waktu : 8:30 Pagi - 6 :00 Petang

Tempat : Perpustakaan Sultanah Zanariah (PSZ), Universiti Teknologi Malaysia (UTM), City Campus, Jalan Semarak, Kuala Lumpur

HARGA : RM810.00 Net

PERCUMA : SIJIL PENYERTAAN,SEBUAH TELEFON BIMBIT DAN ALAT-ALAT MEMBAIKI (BLOWER,SHOULDER,MULTIMETER,BGA SET & TOOLS SET)

Jumlah Posisi: Terhad Hanya Untuk 20 Peserta Sahaja

(Minum Pagi, Makan Tengahari & Minum Petang Disediakan.)

Tarikh Tutup Pendaftaran Khamis 17hb NOV 2007

Untuk mendapatkan BORANG PENYERTAAN sila email atau hubungi saya di talian:-

EMAIL : ejat363@gmail.com / isahienterprise@yahoo.com

TEL : 012-225 4649 (En Syarizad)

Jika ada sebarang keraguan & kekeliruan atau inginkan maklumat lanjut mengenai bengkel ini sila hubungi:-

TEL : 012-225 4649 (En Syarizad)
017-361 8230 (En Haizul)
012-617 7444 (En Jasmi)

EMAIL : ejat363@gmail.com / isahienterprise@yahoo.com

WEBSITE : www.handphone-workshop.blogspot.com / www.createblogformakemoney.blogspot.com


Sekian,terima kasih.

Anonymous said...

pedro asia inactivate prevent ncam postgraduate easily fiji leas rarely lawn
lolikneri havaqatsu

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...