16 August 2007

Siapa Pengunjung Blog Anda?

ADA dua jenis pengunjung yang merapat ke blog anda. Pengunjung jenis pertama adalah mereka yang memang sengaja “jauh-jauh datang bertamu”. Mereka ini boleh jadi para penggemar berat anda, atau sekedar simpatisan, aktif atau setengah aktif. Atau bisa juga “saingan” yang sedang sibuk mengusut kelebihan dan kekurangan blog anda.

Pengunjung jenis kedua adalah mereka yang mampir nggak sengaja. Mungkin mereka sampai ke blog anda lewat mesin pencari. Jadi mereka bisa hadir di blog anda karena “nyasar”. Atau bisa juga mereka menemukan anda di blog lain yang mereka sambangi, di situs-situs komunitas, umpamanya. Lalu entah karena alasan apa mereka iseng-iseng mengklik blog anda.

Pernahkah anda menghitung pengunjung jenis 1 atau 2 yang lebih banyak mengunjungi blog anda? Jika jenis 1 yang lebih dominan, maka mungkin itu petunjuk awal bahwa tingkat popularitas blog anda sudah ada. Paling tidak, anda sudah punya komunitas sendiri, biarpun mungkin jumlahnya hanya 10 sampai 20 orang. Itu sudah bagus kalau kita ingat betapa sengitnya persaingan di ranah blog saat ini.

Kalau pengunjung jenis 2 yang banyak mampir, maka itu pertanda anda memang nggak punya penggemar, atau sedikit saja penggemar. Kabar baiknya, anda mungkin boleh dianggap sudah cukup menguasai trik-trik Search Engine Optimation (SEO), sehingga ada cukup banyak pengunjung yang sudah berhasil anda giring ke dalam blog anda lewat mesin pencari.

7 comments:

Anonymous said...

Ikut komentar, Pak Ook...

...betapa sengitnya persaingan di ranah blog saat ini...

Persaingan? persaingan untuk apa? Yang menang dapet apa, pak?

...nda mungkin boleh dianggap sudah cukup menguasai trik-trik Search Engine Optimation (SEO), sehingga ada cukup banyak pengunjung yang sudah berhasil anda giring ke dalam blog anda lewat mesin pencari.

hihihihi... Tip-trik ataukah karena memang informasi yang ditulis di blog itu berguna dan banyak dicari?

Anonymous said...

Ah sampeyan ini, ya persaingan untuk mendapatkan perhatian gitu lho, kan banyak tuh blog yang akhirnya cuma dipelototi sendiri pemiliknya.

Salam.

Anonymous said...

Blog yang akhirnya cuma dipelototi sendiri pemiliknya? Wah, nyindir saya nih Pak Ook hehehehe...

Anonymous said...

Oh tidak, saya sedang mencoba menertawakan diri sendiri kok ...
salam ya

Anonymous said...

wah saya yang mana ya? kalo liat yang komen cuman dikit kayanya saya lebih deket ke kategori 2 deh..

Anonymous said...

Betul, anda sudah "sukses" nyasar di ruang ini ... apa pun, trims, mudah-2an lain kali nyasar lagi ya

nungcha said...

Pak, saya juga nyasar nih ke blog bapak. dan blog saya masuk ke katagori kedua. tapi ya biarlah. nanti juga suatu sat akan datang saat itu, saat blog kita punya penggemar sendiri. tapi eniwey tinggal diliatlah tujuan ngeblog itu apaan. kalo saya sih buang sampah dikepala pak..biar ga ngendek... hwa hwa hwa

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...