14 August 2007

Menulis Tidak Selalu Gampang

MENULIS boleh jadi bukan perkara teramat sulit—ini tentu dalam konteks menulis di blog sendiri—tetapi yang sulit barangkali mencari, atau lebih betul, menciptakan situasi yang enak untuk menulis itu sendiri.Tema tulisan gampang dicari, asal mau sedikit jeli pasang mata. Sebuah buku notes kecil bisa membantu banyak, tapi itu baru permulaan dari “peperangan” yang sesungguhnya.

Sudah sebulan ini suasana di kantor tidak nyaman karena adanya pekerjaan renovasi ruang dan pindah-pindahan barang dan posisi duduk. Mendadak saja keasyikan saya ngeblog gratis melalui komputer kantor jadi berantakan. Setumpuk bahan yang dengan rajin sudah saya kumpulkan dalam notes sakti saya tinggal tak tergarap.

Ada dua blog yang mesti saya hidupi. Tadinya jadwal update 3 kali seminggu berjalan lancar, tapi sekarang jadwal setor 3 kali seminggu itu terpaksa saya langgar. Untuk blog sastra situasi masih bisa tertolong karena sampai saat ini saya masih memiliki stok puisi yang cukup.

Tapi untuk blog gado-gado saya yang ini, urusannya jadi rada sulit. Biasanya saya menggarap artikel saya di MS Word sebelum kemudian disiarkan. Biasanya juga stok tulisan saya selalu surplus. Untuk satu pekan ke depan selalu sudah terjadwal rapi. Tapi sejak posisi duduk saya dipindah ini mood saya untuk menulis agak rusak.

Saya memang termasuk “spesies” yang rada sulit beradaptasi dengan suasana baru. Saya hanya berharap urusan di kantor ini cepat selesai, dan kenyamanan saya ngeblog gratis bisa kembali seperti dulu. Kalau harus setiap kali nongkrong di warnet wah berat buat pegawai kecil seperti saya ini. Sedang untuk beli komputer sendiri rasanya kelewat mewah bahkan sekedar untuk saya lamunkan saat ini.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...