03 August 2014

Tantangan Gubernur Ahok (1)

KALAU segala sesuatunya berjalan lancar, warga Jakarta akan secara resmi mendapat gubernur yang baru, Basuki Tjahaja Purnama, atau yang beken dipanggil Ahok.Kita sudah cukup mengenal gaya dan penampilannya selama ini ketika ia masih menjadi orang nomor dua di Pemprov DKI. Banyak yang suka dan memuji gayanya yang "tegas" itu. Rekam jejaknya sejauh ini jiga dinilai bersih.

Jika banyak yang suka, tentu banyak juga yang tak menyukainya. Kehadiran Ahok (bersama Jokowi) memang telah membuat "panas dingin" jajaran aparat di bawahnya. Gaya kerjanya yang "langsung tembak mati di tempat" pastilah telah menebar bibit kebencian dan permusuhan. Mereka yang selama ini bertindak macam raja-raja kecil di instansinya masing-masing sekarang pada mati kutu dan kena batunya.

Seorang kawan yang banyak berhubungan dengan aparat di Balai Kota belum lama ini bercerita bahwa di tempat itu Ahok (dan Jokowi) diam-diam sering menjadi sasaran sumpah serapah pegawainya sendiri. Mereka itulah contoh "tikus-tikus" yang terkena kepretan tangan saktinya.

Kita berharap Ahok akan tetap tegar menjalankan misi "revolusi mental" yang dicanangkan bersama Jokowi. Ini bukanlah pertarungan yang mudah, bahkan tak seimbang. Lawan yang dihadapinya bukanlah individu per individu atau kelompok tertentu, melainkan sebuah sistem yang telah membatu bahkan membusuk selama bertahun-tahun.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...