19 August 2013

Teka-teki Blog yang Hilang

BLOG saya, [Rak Puisi], pernah sekonyong-konyong hilang begitu saja. Kejadiannya sudah hampir dua tahun yang lalu, kalau tak salah ingat. Kalau kita coba mengaksesnya kala itu akan muncul pesan "Blog Ini Sudah Dihapus". Heran bin bingung saya ketika itu--juga sedih dan marah. Bagaimana tidak, blog yang sudah susah payah dirrawat dan diupdate 5 (lima) tahun lebih tiba-tiba saja kok raib. Saya langsung menduga itu kerjaan "hacker". 

Anehnya, akun Gmail saya pun tidak bisa diakses. Lebih aneh lagi blog [Ruang Samping] ini tetap bisa tampil, hanya saya nggak bisa login karena ia menggunakan akun Gmail yang sama dengan [Rak.Puisi].


Saya sempat mengumumkan peristiwa "kematian misterius" blog saya itu di situs jejaring sosial. Beberapa orang secara spontan pada turut menyatakan belasungkawa, sehingga membuat saya sedikit "terhibur" karenanya. Sesudahnya saya merasa akan berhenti ngeblog samasekali, karena kalau harus menulis dari awal lagi rasanya malas sekali.

Tapi kemudian terjadi lagi hal yang lebih aneh. Sesudah lewat beberapa bulan, ketika saya sudah mulai belajar melupakan "nasib malang" saya itu, eh blog yang hilang itu tahu-tahu bisa diakses kembali sewaktu saya secara iseng mencoba memanggilnya. Saya periksa ternyata keadaannya tak kurang suatu apa, masih sama persis seperti sebelum ia "hilang". Dan akun Gmail saya yang macet mendadak bisa diakses juga.

Begitulah, dengan terheran-heran saya lalu mengumumkan kembalinhya blog itu. Sampai hari ini saya tetap tak paham gerangan apa yang sebetulnya terjadi dengan blog puisi saya itu. Saya menduga-duga apakah ini kerjaan Google--selaku pemilik Blogspot? Mungkin  ada "perilaku" blog saya yang dianggap "melanggar akidah", maka blog itu kena cekal. Kemudian agaknya terbukti bahwa saya tak bikin dosa apa pun, maka ia dibebaskan kembali. Hanyai apakah betul duduk soalnyha demikian? Wallahuallam.

Sedihnya, mungkin saja ada yang kemudian mengira saya sengaja membikin kehebohan itu guna menarik perhatian.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...