26 July 2007

Let's Blog Walking

BERKUNJUNG atau bersilaturahmi ke blog lain—istilah “kampung”nya Blog Walking--adalah salah satu kebiasaan yang banyak dianjurkan. Berkunjung—dengan niat tulus bertamu, atau sekedar “setor muka”—adalah bagian dari kegiatan ngeblog yang asyik, meskipun kadang bisa saja kita kecewa karena kunjungan itu tak membuahkan hasil. Misalnya, karena blog yang kita datangi sudah lama tidak diupdate, sehingga “jauh-jauh datang” kita hanya dapat suguhan “basi”.

Lewat silaturahmi ini kita pun boleh berharap akan mendapat kunjungan balik. Jadi blog walking adalah salah satu kiat yang juga bisa diandalkan untuk menambah jumlah kunjungan ke blog kita—meskipun ada sebagian blogger—biasanya blogger yang telanjur merasa sudah “hebat”--menganggap kunjungan balik ini bukan “wajib”, melainkan hanya “sunnah” saja hukumnya. Dan penafsiran seperti itu sah-sah saja.

Selain dari itu, berkunjung ke blog lain adalah juga salah satu trik yang sangat dianjurkan apabila kita sedang kehabisan ide tulisan. Sembari bertamu kita bisa diam-diam mengintip tulisan apa yang digarap di blog tetangga. Kita bisa mencoba mencari celah yang luput tidak digarap dalam tulisan itu.

Atau kita bisa mencoba mencari dan mendapatkan sudut pandang lain dari tema yang digarap teman kita itu, kemudian dengan bekal itu kita kembali ke blog kita untuk “menuntaskan” ide tulisan yang belum terselesaikan di blog tetangga kita itu. Yah, ada banyak cara sebetulnya untuk menjaga supaya sajian di blog kita tidak jadi basi. Artikel ini pun saya dapat dari hasil “setor muka” ke sebuah blog tetangga.

2 comments:

Kang Geri said...

blog walking ah ... *dapet dr om google*

Beautiful Sharing said...

ikutan blog walking bah

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...