07 September 2013

Calon Presiden 2014?

  1. SIAPA gerangan calon presiden RI 2014 adalah pertanyaan luar biasa penting--karena itu menyangkut nasib ratusan juta warga negara di sini--tapi saya kuatir pertanyaan itu tidak dianggap lagi "penting" karena bisa saja sebagian besar kita sudah menjadi apatis. Sudah hopeless memikirkan nasib negara ini. Saya misalnya, terus terang termasuk kelompok yang merasa hampir yakin bahwa Pemilu 2014 tidak akan membawa negara ini beranjak jauh dari problem-problem gawatnya hari ini.
  2. BAGAIMANA saya bisa optimis kalau calon-calon yang kayaknya bakal "mentas" jauh dari meyakinkan. Merekak adalah sejumlah "stok lama" yang sebagiannya kita tahu tidak bakal becus kalau disuruh mengurus negara ini, sedang sebagiannya lagi adalah nama-nama yang menyandang cacat politis pada rekam jejak masa silamnya. Bagi saya sangatlah mengerikan memberikan kepada para mantan bandit ini peluang berkuasa.
  3. SEBETULNYA saya diam-diam menaruh harapan pada satu atau dua nama "alternatif" yang sedikit jauh mempunyai performa lebih baik ketimbang "stok lama" yang sepertinya pada tidak punya cermin di rumahnya itu. Tapi aturan main yang sekarang jadi "akidah" politik di sini tidak memungkinkan calon-calon alternatif ini mentas secara independen. Mereka harus  "nebeng" parpol yang ada, dan itu artinya mereka pun jadi sandera politik yang tidak merdeka lagi.Dan kalau sudah begitu, harapan apa lagikah yang masih boleh disandangkan pada mereka?
  4. JADI ini sebuah lingkaran setan, negeri ini macam terkena kutuk saja .Jika tidak terjadi hal-hal luar biasa, Pemilu 2014 hanya akan menghasilkan sejumlah pejabat baru (dan juga para penjahat politik yang baru)--bukan para pemimpin dan pengayom yang didambakan. Ah, mungkin saya kelewat berlebihan, maaf, tapi saya tak tega membohongi diri saya sendiri. Sekali lagi, maaf.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...