18 April 2007

Wrong Question

APAKAH SBY bakal jadi meresuffle kabinetnya? Apakah “telur busuk” IPDN akhirnya akan dibubarkan? Apakah kasus pembunuhan Munir bakal terungkap? Apakah pihak Lapindo akhirnya meleleh dan menuruti semua tuntuan ganti rugi yang ditodongkan para pengungsi?

Apakah anda punya jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan di atas? Apakah anda punya alasan untuk optimis keadaan kita bakal lebih baik? Kenapa anda yakin keadaan bakal jadi lebih baik? Kenapa anda percaya pemerintah serius mengurus semua masalah kita? Kenapa pemerintah merasa harus serius menangani soal-soal ini?

Apakah saya salah mengajukan pertanyaan? Mungkin pertanyaan seharusnya, apakah sebetulnya SBY memang punya niat, atau berani membongkar kabinetnya? Artinya, kalau beliau bikin reshuffle itu murni kehendaknya? Ah, terlalu naif dan bodoh pertanyaan seperti ini, bukan?

Pertanyaan yang betul, apakah memang ada niat membereskan “horor” di IPDN? Apakah pemerintah punya nyali membuka kasus Munir? Apakah pemerintah sebetulnya serius membantu membereskan urusan lumpur Lapindo? Bahasa kampungnya, apakah sungguh ada political will dari pemerintah untuk membuat keadaan jadi lebih mendingan?

Apakah anda punya jawaban untuk pertanyaan terakhir itu? Saya punya, kata sebuah iklan di televisi. Anda juga tahu jawaban itu, dan mungkin itu jawaban kita semua : maybe yes, maybe no … Apakah saya keliru lagi?

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...