20 January 2010

Ketemu Marsilam, Pansus Menubruk Tembok


Saya sangat menikmati "pertunjukan" Marsilam Simanjuntak di depan sidang Pansus Century beberapa malam yang lalu. Sesudah dibikin muak berminggu-minggu menonton aksi barbar sejumlah politisi Senayan, malam itu saya merasa cukup mendapat "pencerahan" melihat bagaimana Marsilam membuat mati kutu "gerombolan penyamun" itu.

Pada mulanya barangkali Pansus berharap mendapat “tangkapan besar” dengan menghadirkan Marsilam. Mereka tampaknya bernafsu sekali membongkar “teka-teki” keberadaan Marsilam pada rapat-rapat KSSK. Di luar dugaan, Marsilam dengan lihai menghindar dari segala “jerat” pertanyaan yang dilemparkan padanya. Ia tak mempan dipelintir, ia juga tak jadi kelimpungan ketika ada anggota Pansus yang mencoba membentak-bentaknya; mungkin dengan niat membikinnya ketakutan—seperti yang lainnya.

Goenawan Mohamad melalui Twitter menyebut penampilan Marsilam malam itu sebagai “The Great Marsilam Show” Kata Goenawan selanjutnya, kuliah umum Marsilam malam itu kepada anggota Pansus adalah “Jika anda tidak begitu pintar, setidaknya berpikirlah jernih”. Sedang menanggapi komentar Bambang Soesatyo yang menyebut jawaban-jawaban Marsilam “membingungkan”, Goenawan menukas “Saya juga yakin jawaban itu bisa membingungkan keledai”.

Terima kasih Marsilam. Ke depan, saya berharap para saksi lain yang dipanggil akan berani tampil nyantai dan bernyali seperti beliau pula.

1 comment:

Unknown said...

Betul saya juga menikmati ....banget. :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...