28 January 2010

Kado 100 Hari : Pemerintah Kadang Suka Bikin yang "Aneh"


Pemerintah memang musti diawasi dan dikritik, dan kadang-kadang dengan cara yang harus keras. Contohnya dalam pengadaan mobil dinas pejabat seharga 1,2 milyar belum lama ini, yang dari sudut pandang apa pun tak bisa dibela. Kebijakan—yang tak bijak itu--sungguh sangat sekali menyakiti sanubari rakyat—di mana saya menjadi bagian di dalamnya.

Bahkan petinggi puncak di Malaysia dan Inggiris sekalipun tak memakai mobil dinas sehebat itu. PM Inggris dikabarkan menggunakan mobil dinas yang harganya tak sampai separoh mobil dinas pejabat di sini. Mobil dinas PM malaysia lebih murah lagi.

Mohon dicatat juga bahwa harga sebuah mobil dinas itu setara dengan dana APBN untuk pembangunan 3 buah sekolah. Ini memang konyol dan absurd. Jadi memang pemerintah kadang-kadang suka tergoda bikin yang “aneh-aneh” juga, seraya melukai hati rakyat yang sudah susah payah antre memilihnya waktu Pemilu.

Tapi beberapa kebijakan “absurd” seperti itu belumlah cukup menjadi alasan menyuruh pemerintah bubar. Termasuk kasus Century yang secara kasat mata saja terlihat telah diplintir sedemikian dahsyat demi mengenyangkan naluri kanibalistik sejumlah elit politik di sini. Kasus itu sendiri kini telah mencapai tahapan genting.

Orang sama menunggu apa yang bakal dibuat SBY? Beranikah dia mengambil pilihan sulit dan tidak populer dengan lebih mengutamakan aspek moral, ketimbang mencari jalan pintas yang aman dengan mengorbankan nama-nama yang sebetulnya hanya dijadikan korban dalam perseteruan antara, untuk meminjam istilah Wimar Witoelar, para “makelar politik” di Senayan.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...