27 June 2007

Bendera Parpolnya Aja Berantakan ...

TIDAK susah ternyata mengukur tingkat kepedulian seorang politikus kepada rakyat. Cukup amati saja bendera parpol politikus yang bersangkutan. Bendera, dalam pemahaman saya, merupakan representasi kelompok yang memiliki bendera itu. Karena itu bendera seharusnya digagas & didesain secara matang, dengan memasukkan selain kaidah artistik juga kaidah moral di dalamnya.

Bendera yang baik dengan begitu akan menggambarkan dengan tepat visi dan karakteristik kelompok yang mau diwakilkan dengan bendera itu. Bendera yang didesain dengan sembarangan, tanpa citra artistik yang memadai, dengan gamblang membuktikan ketidakseriusan—dan bisa jadi juga ketidakbecusan--kelompok yang bernaung di bawah bendera itu.

Dalam kaitan dengan bendera parpol, maka bendera parpol yang dibuat serampangan—dan pasti terburu-buru pula—menjelaskan kepada kita betapa tidak serius dan “sembarangan”nya parpol yang bersangkutan mengurus pekerjaan politiknya.Dan “kesembarangan” itu hanyalah bisa terjadi kalau parpol yang bersangkutan memang penuh dimuati orang-orang yang juga “sembarangan” mutunya.

Mereka inilah para petualang politik yang terus mencoba mencari peluang untuk bisa memanjat naik ke puncak kekuasaan—atau minimal berkesempatan mendapat cipratan berkah kekuasaan itu. Maka sungguh konyol dan mengerikan kalau kemudian negeri ini jatuh dalam kekuasaan kelompok petualang politik—untuk tidak menyebut mereka pencoleng—seperti mereka ini, yang bahkan membikin bendera parpolnya saja tidak becus.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...