10 June 2007

Blog Sederhana nan Menawan

ADA banyak sekali blog yang saya suka dan secara rutin saya sambangi. Biasanya faktor tampilan blog menjadi daya tarik pertama yang membetot perhatian saya. Ini mungkin lumrah dan manusiawi ya. Seperti kita biasanya naksir buku dari “cover”nya dulu. Urusan blog juga mirip. Baru kalau tampilannya “oke” jeroannya mulai saya korek-korek. Nah, blog yang bisa menjaga keseimbangan antara “kemasan” dan “jeroan”nya itulah yang kemudian saya pacari dengan serius.

Ada sebuah blog yang sebetulnya tidak memenuhi syarat keseimbangan itu, tapi anehnya begitu memesona saya. Meskipun “tidak seimbang” tidak ragu-ragu saya menjadikannya salah satu “pacar” saya. Tampilan blog ini sederhana sekali. Templatenya juga memakai template pinjaman, alias gratisan, dan tidak dimodifikasi sedikitpun.

Hampir tak ada pernik dan hiasan sama sekali. Hanya ada tiga. Yang pertama adalah penunjuk Page Rank (PR), foto sang blogger, dan penanda keikutsertaan pada Blogshares Listed. Pun tak ada Blogroll samasekali, apalagi shoutbox segala. Jadi bisa saja lantas timbul kesan ini orang “sok” dan “pede betul” ya.

Blog ini sungguh secara konsisten sudah mempraktekkan jargon “konten adalah raja” sebagai penopang mati hidupnya. Tapi lucunya--atau tidak lucu ya?--jadwal postingya nggak teratur, kadang sebulan cuma ada satu atau dua tulisan baru. Ini kalau menurut suhu Cosa Aranda tentu tidak bisa dibenarkan, karena jadwal update konten yang sembarangan diyakini akan “merusak” hubungan harmonis antara blog dengan mesin pencari.

Tapi blogger kita yang satu ini tampaknya tak peduli amat dengan segala tetek bengek jurus-jurus SEO itu. Kesan percaya dirinya menonjol kuat sekali. Dan buktinya, walaupun sepertinya tak ambil pusing dengan SEO-SEO-an , nilai PR blognya termasuk tinggi untuk ukuran blog di Indonesia umumnya. Nah, sebagian dari anda mungkin sudah bisa menebak blog dan blogger yang saya maksud. Kalau masih belum ngeh juga ya sudah silakan klik aja di sini.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...